SEJARAH PERKEMBANGAN TEKNOLOGI
INFORMASI
DAN PERANGKAT LUNAK
A. Sejarah Teknologi Informasi
Perkembangan
sistem informasi dalam kehidupan manusia seiring dengan peradaban manusia itu
sendiri sampai akhirnya mengenal istilah Teknologi Informasi IT/Information
Technology. Dimulai dari bentuk gambar yang tak bermakna pada dinding-dinding,
prasasti-prasasti, sampai informasi yang
kemudian dikenal dengan nama internet. Informasi yang dikekola dan disampaikan
juga terus dikembangkan, dari informasi yang sederhana seperti sekedar menggambarkan suatu keadaan, sampai pada
informasi strategis seperti taktik bertempur.
1.
Masa
Prasejarah ( Sebelum 3000 SM)
Jika dilihat
dari kacamata sejarah, TIK sesungguhnya sudah mulai dikenal manusia sejak
beratus-ratus berabad-abad lalu. Sejak manusia diciptakan di muka bumi ini,
manusia sudah mulai mencoba berkomunikasi dengan symbol-simbol dan isyarat. Hal
ini merupakan titik awal perkembangan TIK. Manusia pada jaman dulu hanya mampu
berkomunikasi dengan suara dengusan dan isyarat tangan sebagai bentuk awal
komunikasi serta hanya mampu mendokumentasikan informasi dalam bentuk tulisan
dan ukiran baik dalam bentuk simbol maupun gambar pada dinding-dinding gua,
misalnya tentang berburu dan binatang buruannya dengan menggunakan batu,
tulang, dan kulit binatang. Perkembangan teknologi selanjutnya, yaitu dengan
diciptakan dan digunakannya alat-alat yang menghasilkan bunyi dan isyarat,
seperti gendang, terompet yang terbuat dari tanduk binatang, serta isyarat asap
sebagai alat pemberi peringatan terhadap bahaya. Pada masa ini, teknologi
informasi belum menjadi teknolgi massal seperti yang kita kenal sekarang dan
hanya digunakan pada saat-saat khusus.
- 3000 SM
Untuk yang pertama kali, tulisan
digunakan oleh bangsa Sumeria dengan menggunakan simbol-simbol yang dibentuk
dari piktografi sebagai huruf. Simbol atau huruf-huruf
ini juga mempunyai bentuk bunyi (penyebutan) yang berbeda sehingga mampu
menjadi kata, kalimat, dan bahasa.
- 2900 SM
Pada 2900 SM, bangsa Mesir Kuno menggunakan
huruf hieroglif. Hieroglif merupakan bahasa simbol, dimana
setiap ungkapan diwakili oleh simbol yang berbeda. Jika simbol-simbol tersebut
digabungkan menjadi satu rangkaian, maka akan menghasilkan sebuah arti yang
berbeda. Bentuk tulisan dan bahasa hieroglif ini lebih maju dibandingkan dengan
tulisan bangsa Sumeria.
- 500 SM
Pada 500 SM, manusia sudah mengenal cara
membuat serat dari pohon papyrus yang tumbuh di sekitar sungai Nil. Serat papyrus dapat digunakan sebagai kertas.
Kertas yang terbuat dari serat pohon papyrus menjadi media untuk menulis atau
media untuk menyampaikan informasi yang lebih kuat dan fleksibel dibandingkan
dengan lempengan tanah liat yang sebelumnya juga digunakan sebagai media
informasi.
- 105 M
Pada
masa ini, bangsa Cina berhasil menemukan kertas. Kertas yang ditemukan oleh
bangsa Cina pada masa ini adalah kertas yang kita kenal sekarang. Kertas ini
dibuat dari serat bambu yang dihaluskan, disaring, dicuci, kemudian diratakan
dan dikeringkan. Penemuan ini juga memungkinkan sistem pencetakan yang
dilakukan dengan menggunakan blok kayu yang ditoreh dan dilumuri oleh tinta
atau yang kita kenal sekarang dengan sistem cap.
2.
Masa Modern (1400 M s.d.
Sekarang)
a. Tahun
1455
Pada
1455, untuk pertama kalinya Johann Gutenberg mengembangkan
mesin cetak dengan menggunakan plat huruf yang terbuat dari besi dan dapat
diganti-ganti dalam bingkai yang terbuat dari kayu.
b. Tahun
1830
Augusta
Lady Byron menulis
program komputer yang pertama di dunia. Ia bekerja sama dengan Charles Babbage menggunakan mesin analytical yang didesain sehingga mampu memasukkan
data, mengolah data, dan menghasilkan bentuk keluaran dalam sebuah kartu. Mesin
ini dikenal sebagai bentuk komputer digital yang pertama, walaupun cara
kerjanya lebih bersifat mekanis daripada bersifat digital.
c c. Tahun
1837
Samuel
Morse mengembangkan
telegraf dan bahasa kode morse bersama Sir William Cookdan Sir Charles Wheatstone. Morse menggunakan kode-kode
sederhana untuk mewakili pesan-pesan yang ingin dikirimkan dengan menggunakan
pulsa listrik melalui kabel tunggal. Namun sinyal-sinyal yang dapat dikirim
dengan baik hanya berada dalam jarak 32 km. Untuk jarak yang lebih jauh,
sinyal-sinyal yang diterima menjadi terlalu lemah untuk direkam. Kemudian,
Morse membangun peralatan relai yang
ditempatkan di setiap 32 km dari stasiun sinyal. Relai tersebut berfungsi untuk
mengulangi sinyal yang diterima dan mengirimnya kembali ke 32 km berikutnya.
Relai terdiri dari sakelar yang dioperasikan secara elektromagnetik. Sistem
telegraf kemudian segera digunakan untuk bisnis yang membutuhkan pengiriman
pesan secara cepat untuk jarak yang jauh, seperti surat kabar dan pesan untuk
perjalanan kereta api.
d. Tahun 1877
Pada
1877, Alexander Graham Bell menciptakan dan
mengembangkan telepon yang dipergunakan pertama kali secara umum. Pada 1879,
sistem pemanggilan telepon mulai menggunakan nomor yang menggantikan sistem
pemanggilan nama. Hal ini untuk mencegah operator yang tidak mengenal semua
pelanggan. Sistem penomoran telepon menggunakan huruf dan angka, dimana nomor
telepon menggunakan sistem dua huruf dan lima digit angka.
Pada
1889, Herman Hollerith menerapkan prinsip kartu perforasi untuk melakukan penghitungan.
Tugas pertamanya adalah menemukan cara yang lebih cepat untuk melakukan
perhitungan bagi Biro Sensus Amerika Serikat. Sensus yang dilakukan pada 1880
membutuhkan waktu tujuh tahun untuk menyelesaikan perhitungan. Dengan
berkembangnya populasi, Biro Sensus tersebut memperkirakan bahwa dibutuhkan
waktu sepuluh tahun untuk menyelesaikan perhitungan sensus.
Hollerith
menggunakan kartu perforasi untuk memasukkan data sensus yang kemudian diolah
oleh alat tersebut secara mekanik. Sebuah kartu dapat menyimpan hingga 80
variabel. Dengan menggunakan alat tersebut, hasil sensus dapat diselesaikan
dalam waktu enam minggu. Selain memiliki keuntungan dalam bidang kecepatan,
kartu tersebut berfungsi sebagai media penyimpan data. Tingkat kesalahan
perhitungan juga dapat ditekan secara drastis
f. Tahun
1931
Pada
1931, Vannevar Bush membuat sebuah kalkulator untuk
menyelesaikan persamaan differensial. Mesin tersebut dapat menyelesaikan
persamaan differensial kompleks yang selama ini dianggap rumit oleh kalangan
pelajar dan mahasiswa. Mesin tersebut sangat besar dan berat karena ratusan
gerigi dan poros yang dibutuhkan untuk melakukan perhitungan.
g. Tahun 1939
Pada
1939, Dr. John V. Atanasoff dan dibantu oleh Clifford Berry berhasil menciptakan komputer
elektronik digital pertama. Sejak saat ini, komputer terus mengalami
perkembangan sehingga menjadi semakin canggih. Mengenai sejarah perkembangan
komputer ini akan dijelaskan pada bagian berikutnya.
h. Tahun 1973 – 1990
Pada masa ini, istilah internet diperkenalkan
dalam sebuah paper tentang TCP/IP. Secara
harfiah, internet (interconnected networking)
diartikan sebagai rangkaian komputer yang terhubung di dalam beberapa
rangkaian. Rangkaian pusat yang membentuk internet diawali pada 1969
sebagai ARPANET yang dibangun oleh ARPA (United States Department of
Defense Advanced Research Projects Agency). Beberapa penyelidikan
awal yang disumbang oleh ARPANET di antaranya adalah kaedah rangkaian tanpa
pusat (decentralised network), teori queueing, dan kaedah pertukaran paket (packet switching).
Pada 1981, National Science Foundation mengembangkan backbone yang disebut CSNET dengan kapasitas 56
Kbps untuk setiap institusi dalam pemerintahan.
Pada 1 Januari 1983, ARPANET menukar protokol
rangkaian pusatnya, dari NCP ke TCP/IP. Ini merupakan awal dari Internet yang
kita kenal sekarang. Kemudian pada 1986, IETF mengembangkan
sebuah server yang berfungsi sebagai alat koordinasi di antara DARPA, ARPANET,
DDN, dan Internet Gateway. Pada 1990-an, internet telah
berkembang dan menyambungkan banyak pengguna jaringan-jaringan komputer yang
ada.
i. Tahun 1991 – Sekarang
Sistem bisnis dalam bidang IT pertama kali
terjadi ketika CERN memungut bayaran dari
para anggotanya untuk menanggulangi biaya operasionalnya. Pada 1992, mulai terbentuk
komunitas internet dan diperkenalkannya istilah World
Wide Web (www) oleh CERN. Pada 1993, NSF membentuk InterNIC untuk menyediakan jasa
pelayanan internet menyangkut direktori dan penyimpanan data serta database (oleh AT&T), jasa
registrasi (oleh Network Solution Inc), dan jasa
informasi (oleh General Atomics/CERFnet).
Pada
1994, pertumbuhan internet melaju dengan sangat cepat dan mulai merambah ke
dalam berbagai segi kehidupan manusia dan menjadi bagian yang tidak dapat
dipisahkan dari manusia. Pada 1995, perusahaan umum mulai diperkenankan menjadi
provider dengan membeli jaringan di backbone. Langkah
ini memulai pengembangan teknologi informasi, khususnya internet dan
penelitian-penelitian untuk mengembangkan sistem dan alat yang lebih canggih.
B. PERKEMBANGAN
KOMPUTER
- Generasi Pertama (1940-1956)
Selama periode ini, generasi pertama dari
arallel mulai dikembangkan. Komputer generasi pertama menggunakan tabung vakum
untuk sirkuit dan drum arallel untuk penyimpanan memori. Tabung vakum digunakan
untuk memeperkuat sinyal dengan mengendalikan gerakan arallel di ruang
evakuasi. Komputer generasi pertama sangatlah sulit untuk dioperasikan dan
berbiaya sangat mahal.
UNIVAC
dan ENIAC adalah contoh arallel generasi pertama yang digunakan badan sensus
Amerika Serikat. Ciri utama dari komputer generasi pertama adalah CPU. Ya,
central processing unit yang terdapat dalam komputer generasi I merupakan mesin
pertama yang digunakan untuk mengoperasikan seluruh sistem dalam komputer.
Sedangkan program utama yang terdapat di komputer generasi pertama adalah
“machine language”
2. Generasi Kedua (1964-1971)
Teknologi tabung vakum mulai tergantikan dengan transistor. Penggunaan transistor pada parallel mulai digunakan di akhir 1950-an. Keunggulan transistor adalah bentuknya yang lebih kecil. Dengan bentuk minimalis dari transistor, parallel menjadi lebih kecil dan hemat parall. Di generasi kedua ini, bahasa pemograman mulai diperkenalkan, seperti contohnya COBOL dan Fortran. Teknologi penyimpanan memori juga berubah dari drum parallel menjadi teknologi parallel. IBM 7000, NCR 304, IBM 650, IBM 1401, ATLAS and Mark III adalah contoh dari generasi kedua arallel. Komputer generasi kedua menggantikan bahasa mesin dengan bahasa assembly. Bahasa assembly adalah bahasa yang menggunakan singkatan-singakatan untuk menggantikan kode biner.
Mereka juga memiliki komponen-komponen yang dapat diasosiasikan dengan komputer pada saat ini: printer, penyimpanan dalam disket, memory, system operasi, dan program.
3. Generasi Ketiga (1964-1971)
Dalam pemakaiannya, transistor membuat
komputer lebih cepat panas. Dengan demikian, komputer generasi kedua mulai
ditinggalkan. Kemudian seorang ilmuwan bernama Jack Billy mencoba melakukan
penelitian. Kemudian pada 1958, ia menciptakan komponen yang lebih canggih
dibandingkan transistor yang membuat komputer cepat panas tadi. Yakni IC atau
Integrated Circuit chip kecil yang mampu menampung banyak komponen menjadi
satu.
Dengan
begitu, ukuran komputer menjadi lebih kecil. Pun, pada komputer generasi ketiga
juga lebih cepat disektor sistem operasi dan mampu menjalankan beberapa program
secara bersamaan.
4. Generasi Keempat (1971-sekarang)
Di periode ini prosesor mikro mulai
diperkenalkan, saat ribuan sirkuit terpadu dimasukan ke dalam sebuah aralle
chip yang kecil. Prosesor pertama Intel, 404 chip mulai
menjadi
arallel di sebuah arallel. Saat periode inilah istilah Personal Computer (PC)
mulai digunakan. Dengan teknologi yang lebih maju, generasi keempat menjadi
tonggak awal pembangunan internet. IBM 4341, DEC 10, STAR 1000, PUP 11 and
APPLE II adalah contoh
arallel generasi keempat.
5. Generasi kelima (sekarang-masa depan)
Komputer generasi
kelima adalah yang saat ini tengah dilakukan oleh berbagai vendor elektronik.
Ya, komputer generasi kelima kerap disebut sebagai komputer generasi masa
depan. Beberapa bukti kecil adalah munculnya smartphone, tablet, phablet,
netbook, ultrabook, dan banyak lagi. Perkembangan selanjutnya adalah perangkat
komputer yang dapat dijalankan tanpa harus menggunakan kontak fisik
(menyentuhnya), tetapi menggunakan otak. Lalu, akankah komputer generasi kelima
terealisasi? Hanya waktu yang bisa menjawab.
C.
PERANGKAT KOMPUTER
- Perangkat Lunak
Perangkat
lunak aplikasi (software application) merupakan suatu subkelas perangkat lunak
komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melaksanakan
sebuah tugas yang di instruksikan pengguna. Contoh umum perangkat lunak
aplikasi ialah pengolah kata seperti Microsoft Office dan OpenOffice.org serta
pemutar media seperti Windows Media Player, Winamp dan GOM Player. Secara garis
besar perangkat lunak komputer juga masih dapat digolongkan menjadi 3 bagian,
yaitu:
a)
Sistem operasi
Program
dasar pada komputer yang menghubungkan pengguna dengan hardware komputer.
Sistem operasi yang biasa digunakan adalah Linux, Windows, dan Mac OS. Tugas
sistem operasi termasuk (namun tidak hanya) mengatur eksekusi program di
atasnya, koordinasi input, output, pemrosesan, memori, serta instalasi
software.
b)
Sistem Aplikasi
Program
aplikasi merupakan software yang mempunyai fungsi khusus sesuai dengan tujuan
pembuatannya. Program aplikasi merupakan software yang banyak digunakan untuk
membantu menyelesaikan tugas tertentu, seperti untuk membuat surat,
mendengarkan musik, menonton film, menghitung sejumlah angka, dan masih banyak
lagi. Contoh program aplikasi seperti Microsoft word, excel, power point,
Winamp, Media player classic, calculator, dll.
c)
Bahasa Pemprograman
Bahasa pemrograman (programming
language) adalah bahasa yg digunakan untuk membuat program itu sendiri. Ada
banyak bahasa pemrograman contohnya Bahasa C, C++, Visual Basic, Pascal,
Borland, HTML, PHP, JAVA, dan masih banyak lagi. Untuk menunjang pembuatan
harus menggunakan perangkat lunak yang digunakan untuk merancang atau membuat
program sesuai dengan struktur dan metode yang dimiliki oleh bahasa program itu
sendiri.
2. Perangkat Keras
Perangkat
keras komputer adalah semua bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan data
yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan
perangkat lunak (software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras
dalam menyelesaikan tugasnya. Berikut adalah beberapa contoh perangkat keras
komputer dan kegunaanya:
a.
Keyboard
Keyboard
merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan
komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus
serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah -perintah
lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file.
b.
Mouse
Berikutnya mouse juga merupakan
perangkat input komputer. Mouse di sebut juga dengan pointer atau penunjuk yang
mengarahkan kemanapun sesuai dengan keinginan pengguna. Selain berfungsi
sebagai penunjuk atau pointer, berikutnya mouse juga berfungsi untuk melakukan
klik, double klik dan scrool.
c.
Processor
Processor
atau di kenal juga dengan cpu (central processing unit) merupakan perangkat
keras komputer yang berfungsi sebagi otak atau inti komputer untuk
mengeksekusi
sebuah perintah. Perintah yang di dapat di berikan oleh memori ram komputer dan
processor inilah yang mengeksekusi setiap perintah.
Kecepatan
kinerja dari sebuah komputer akan sangat dipengaruhi oleh seberapa cepat
processor yang dia miliki. Satauan dari processor di kenal dengan Hertz.
Semakin tinggi kecepatan processor tentu semakin cepat kinerja sebuah komputer.
d. Motherboard
Motherboard
adalah papan sirkuit tempat berbagai komponen elektronik saling terhubung
seperti pada PC atau Macintosh dan biasa disingkat dengan kata mobo.Motherboard
yang banyak ditemui dipasaran saat ini adalah motherboard milik PC yang pertama
kali dibuat dengan dasar agar dapat sesuai dengan spesifikasi PC IBM.
e. RAM
RAM (Random Access Memory) adalah
memori utama komputer yang berfungsi untuk membaca dan menuliskan data. Dengan
keberadaan RAM, maka kita bisa menjalankan 2 aktifitas sekaligus dalam sebuah
komputer, yaitu menulis dan membaca data.
f.
CMOS
CMOS adalah singkatan dari
Complementary Metal Oxide Semiconductor. Dari bentuknya sudah kelihatan, ia
merupakan komponen berbentuk IC (integrated circuit) Yang fungsinya menampung
setting BIOS dan dapat tetap menyimpan setting-annya selama baterai yang
memberikan daya masih bagus.
g.
Konektor Casing
Konektor
Casing berfungsi untuk menyambungkan tombol/saklar dan indicator pada casing ke
motherboard. Pada motherboard yang berbasis Pentium 4, disertakan pula sebuah
port konektor tambahan sebesar 12 volt agar prosesor bisa bekerja.
h.
Monitor
Monitor
komputer adalah salah satu jenis soft-copy device, karena keluarannya adalah
berupa sinyal elektronik, dalam hal ini berupa gambar yang tampil di layar
monitor. Gambar yang tampil adalah hasil pemrosesan data ataupun informasi
masukan. Monitor memiliki berbagai ukuran layar seperti layaknya sebuah
televisi.
i.
Power Supply
Power supply berguna untuk menyediakan sumber daya dan mendistribusikan arus ke seluruh komponen komputer di dalam motherboard sehingga seluruh komponen dapat hidup dan bekerja sebagaimana fungsinya.
Power supply berguna untuk menyediakan sumber daya dan mendistribusikan arus ke seluruh komponen komputer di dalam motherboard sehingga seluruh komponen dapat hidup dan bekerja sebagaimana fungsinya.
j.
Hardisk
Harddisk
adalah sebuah komponen perangkat keras yang menyimpan data sekunder dan berisi
piringan magnetis. Harddisk diciptakan pertama kali oleh insinyur IBM, Reynold
Johnson di tahun 1956. Harddisk pertama tersebut terdiri dari 50 piringan
berukuran 2 kaki (0,6 meter) dengan kecepatan rotasinya mencapai 1.200 rpm
(rotation per minute) dengan kapasitas penyimpanan 4,4 MB.
D. PEMANFAATAN
SISTEM INFORMASI
- Penerapan Sistem Informasi dalam Perusahaan
Penerapan
Sistem Informasi banyak digunakan para usahawan. Kebutuhan efisiensi waktu dan
biaya menyebabkan setiap pelaku usaha merasa perlu menerapkan teknologi
informasi dalam lingkungan kerja. Penerapan Teknologi Informasi dan.komunikasi
menyebabkan perubahan pada kebiasaan kerja. Misalnya penerapan Enterprice
Resource Planning (ERP). ERP adalah salah satu aplikasi perangkat lunak yang
mencakup sistem manajemen dalam perusahaan, cara lama kebanyakan.
2. Penerapan
Sistem Informasi Dalam Manufaktur
Dalam
bidang industri, komputer digunakan pada proses perencanaan sebuah produk baru
melalui program desain, seperti Computer Aided Design (CAD). Gunanya, agar
produk yang diinginkan dapat dirancang secara cepat, mudah, dan memiliki
ketepatan tinggi. Sebagai contoh, untuk menggambar bentuk desain mobil
dibutuhkan waktu yang lama dan relatif sulit apabila dilakukan secara manual.
Akan tetapi, dengan program CAD (misalnya, AutoCad) semua itu dapat teratasi.
Bahkan, program ini dapat menggambarkan bentuk nyata sebuah desain mobil
dilihat dari berbagai sudut (3 dimensi).
3. Penerapan
Sistem Informasi Dalam Pertanian
Pemanfaatan
SI dalam Sektor Industri PertanianDengan Perkembangan teknologi informasi yang
semakin pesat saat ini , kita dapat memanfaaatkan SI hampir kedalam semua aspek
kehidupan manusia, termasuk juga dalam bidang industry seperti bidang
pendidikan, perbankan, kedokteran, pertanian, dan lain sebagainya.
Saat
ini dalam dalam industry pertanian manfaat penggunaan SI pun sangat dirasakan,
seperti penerapannya dalam E- Agriculture… E-Agriculture melibatkan
konseptualisasi, desain, pengembangan, evaluasi dan penerapan cara-cara
inovatif untuk menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (SI) pada domain
pedesaan, dengan fokus utama pada pertanian.Contoh penggunaan atau penerapan SI
pada sektor pertaniann yaitu untuk tingkat pengembangan suatu perusahaan
pengolahan hasil panen, bantuan SI sangat berpengaruh pada proses
kegiatan perusahaan tersebut seperti meliputi proses produksi danpemasaran.
4. Penerapan Sistem Informasi Dalam Pembangunan
Dua kondisi akan membantu negara
berkembang mengeksploitasi potensi Sistem Informasi untuk pertumbuhan sosial
dan ekonomi. Yang pertama adalah ketersediaan infrastruktur informasi nasional.
Yang kedua adalah kemampuan untuk menciptakan dan mendorong lingkungan yang
mendukung. Ini artinya membangun aplikasi dan konten untuk memanfaatkan
inftrastruktur sesuai dengan kebutuhan lokal.
Aplikasi
ini misalnya adalah aplikasi kebutuhan harian, aplikasi komunitas, aplikasi
pendidikan dan aplikasi produktif. Sistem Informasi dapat memberikan manfaat
ekonomi dan sosial yang sangat besar kepada banyak pihak bila strategi Sitem
Informasiyang tepat diimplementasikan.
PERKEMBANGAN PERANGKAT KERAS
DAN LUNAK
A. Pemahaman
Komponen Perangkat Keras
Dua kondisi akan membantu negara berkembang
mengeksploitasi potensi TIK untuk pertumbuhan sosial dan ekonomi. Yang pertama
adalah ketersediaan infrastruktur informasi nasional. Yang kedua adalah
kemampuan untuk menciptakan dan mendorong lingkungan yang mendukung. Ini
artinya membangun aplikasi dan konten untuk memanfaatkan inftrastruktur sesuai
dengan kebutuhan lokal. Aplikasi ini misalnya adalah aplikasi kebutuhan harian,
aplikasi komunitas, aplikasi pendidikan dan aplikasi produktif.
TIK
dapat memberikan manfaat ekonomi dan sosial yang sangat besar kepada banyak
pihak bila strategi TIK yang tepat diimplementasikan. Pertimbangan utama dalam
desain dan implementasi strategi TIK mencakup memproduksi dan memanfaatkan TIK
untuk kepentingan sosial dan ekonomi, mengembangkan sumber daya manusia untuk
dapat mengimplementasikan strategi secara efektif, mengelola inovasi iptek di
bidang TIK demi pengembangan yang berkelanjutan, memperbaiki akses ke jaringan
TIK, mempromosikan dan mendanai investasi TIK, menciptakan dan mengakses
pengetahuan iptek, memonitor dan mempengaruhi aturan internasional. Berikut
Macam2 Jenis Perangkat Lunak :
- Input
Perangkat input atau input device di sebut juga sebagai
unit masukan yang berfungsi untuk memberikan input pada komputer yang
selanjutnya akan di proses dan di eksekusi. Contohnya Keyboard dan mouse.
Perangkat keras yang
berfungsi untuk memproses dan mengolah data yang diberikan oleh peralatan input
kemudian di keluarkan dalam bentuk informasi ke dalam peralatan output yang
akan diterima oleh manusia.
1 3. Control Unit
Unit kendali (bahasa
Inggris: Control
Unit -
CU) adalah salah satu bagian dari CPUyang bertugas untuk
memberikan arahan/kendali/ kontrol terhadap operasi yang dilakukan di bagian
ALU (Arithmetic Logical Unit) di dalam CPU tersebut.
Output dari CU ini akan mengatur aktivitas bagian lainnya dari perangkat CPU.
4. Penyimpanan
Storage devices pada sistem komputer
adalah kata lain dari secondary storage. Fungsinya untuk menyimpan
data dan sistem operasi. Hard disk merupakan salah satu media penyimpan data
pada komputer yang terdiri dari kumpulan piringan magnetis yang keras dan
berputar, serta komponen-komponen elektronik lainnya.
5 5. Output
Output device adalah perangkat
komputer yang berguna untuk menghasilkan suatu keluaran seperti gambar, kertas
(hardcopy), suara, dll. Contoh dari output device adalah printer,
speaker, monitor, dll.
B.
Pemahaman Komponen Perangkat Lunak
Perangkat
lunak (software) komputer adalah sekumpulan data elektronik yg disimpan dan
diatur oleh komputer, data elektronik yg disimpan oleh komputer itu dapat
berupa program atau instruksi yg akan menjalankan suatu perintah. Perangkat
lunak disebut juga sebagai penerjemah perintah-perintah yg dijalankan pengguna
komputer untuk diteruskan atau diproses oleh perangkat keras. Melalui software
atau perangkat lunak inilah suatu komputer dapat menjalankan suatu perinta
- Evolusi perangkat lunak
- Tahap Pertama (1950 – 1960)
Evolusi perangkat lunak tahap
pertama dimulai pada awal 1950-an sampai pertengahan 1960. Pengembangan
perangkat lunak pada tahap pertama mempunyai ciri-ciri berorientasi batch,
distribusi software terbatas untuk kalangan tertentu sehingga apabila ada
perusahaan yang ingin dibuatkan software khusus harus memesan terlebih dahulu.
2 2. Tahap Kedua ( 1960 – 1970)
Evolusi Perangkat Lunak Tahap Kedua
dimulai pertengahan tahun 1960-an sampai awal tahun 1970-an.Pengembangan
perangkat lunak mempunyai ciri-ciri multi user. Pengguna dari software
sudah banyak dan bisa saling berbagi. Ciri ini menunjukkan ada
perkembangan baru yaitu interkasi manusia dan komputer (Human Computer
Interaction). Selain itu, ciri dari tahap kedua ini adalah real time. Real Time
disini adalah suatu kondisi dimana sistem dapat mengumpulkan, menganalisa dan
mentransformasikan data dari banyak sumber kemudian mengatur proses serta
menghasilkan output yang diinginkan. Dalam tahap ini, sudah banyak juga paket
perangkat lunak yang beredar di pasaran serta muncul istilah database dalam
perangkat lunak.
3 3. Tahap
Ketiga (1970 – 1990)
Evolusi Perangkat lUnak tahap
ketiga, dimulai pertengahan tahun 1970 sampai awal tahun 1990.
Pengembangan perangkat lunak sudah maju sedemikian pesat. Perangkat lunak
sudah menggunakan sistem terdistribusi, sehingga penyampaian informasi dari
komputer sumber ke komputer tujuan akan terasa sangat cepat. Dalam era ini,
perangkat keras dari suatu komputer harganya sangat murah. Selain itu,
pesanan perangkat lunak sudah sangat mendominasi dari penyelesaian suatu
masalah sehingga penggunaan software pada masa itu sudah sedemikian jauh.
4 4. Tahap
Keempat (1990 – 2000)
Evolusi Perangkat Lunak Tahap
Keempat dimulai tahun 1990 sampai tahun 2000. Pada tahap ini, perangkat lunak
sudah mendominasi dari pengembangan perangkat keras, sehingga perangkat keras
dalam hal ini komputer sangat dikendalikan oleh suatu sistem operasi.
TIngkat kecerdasan dari perangkat lunak semakin ditingkatkan sehingga perangkat
lunak atau software dilatih mempunyai kecerdasan seperti yang dimilik
manusia. Terbukti dengan adanya penemuan kecerdasan buatan, jaringan
syaraf tiruan, sistem pakar dan logika fuzzy. Jaringan komputer, pemrosesan
komputer paralel sangat mendominasi pada era ini. Dan, pada masa ini pula
pemrograman sudah berorientasi obyek (OOP).
- Klasifikasi Perangkat Lunak
- Perangkat Lunak Sistem
Sistem
operasi Komputer adalah perangkat lunak komputer atau software yang bertugas
untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras dan juga operasi-operasi
dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program
pengolah data yang bisa digunakan untuk mempermudah kegiatan manusia.
1.1 Bahasa Pemograman
Bahasa
pemrograman merupakan bahasa yang dipakai untuk membuat program komputer.
dengan bahasa pemrograman , kita dapat menyusun perintah-perintah yang harus
dijalankan oleh komputer sehingga menghasilkan informasi atau melakukan
pekerjaan sesuai dengan keinginan.
Tingkatan
Bahasa Pemrograman ada 4 yaitu :
ü Low Languange Program ( Bahasa
Pemgrograman Tingkat Rendah), contohnya Assembly machine
ü Middle Language Program ( Bahasa Pemrograman
Tingkat Menengah), contohnya Bahasa C++
ü High
Language Program
( Bahasa Pemrograman Tingkat Tinggi ), Contohnya Pascal, Borland , Fotran
ü 4GL ( Bahasa Pemrograman Tingkat ke 4 ),
contohnya Visual Basic, Visual FoxPro
1.2 Sistem Operasi
Sistem
operasimerupakan program utama yang langsung berinteraksi dengan bahasa yang di
kenal oleh mesin komputer ( bahasa mesin). Penggunaan processor, memory,
hardisk dan komponen lainnya diatur oleh sistem operasi . Contoh Sistem Operasi
:
ü Produk Microsoft : Windows 3.1,
Windows 95, Windows 98, Windows 2000, WIndows Me, WIndows XP, Windows Vista,
WIndows NT (untuk jaringan).
ü Produk Novel : Linux, Redhat,
OpenSuse, Ubuntu, Mandrake, Mandriva,dll
ü Produk Apple : Macintosh
ü Produk IBM : DOS, UNIX
1.3 Program Bantu
(Utility)
Program Bantu
merupakan program yang bertujuan untuk mengatur konfigurasi komputer, menjaga
komputer dari serangan virus dan hacker, menyelamatkan data dan sebagainya.
Program jenis ini tidak banyak melibatkan pengguna dalam penggunaannya, tetapi
bekerja sendiri sesuai dengan perintah dan fungsinya. Contoh program bantu yang
kita kenal yaitu Anti Virus, Backup , Disk Defragmenter dsbnya.
2
- Perangkat Lunak Aplikasi
1.1 Aplikasi Office
Aplikasi
Office merupakan gabungan dari beberapa aplikasi yang di paket menjadi kesatuan
untuk menangani suatu bidan pekerjaan yang saling berkaitan. Contoh paket yang
paling terkenal adalah Microsoft Office dimana didalamnya terdapat program
untuk mengolah kata (Microsoft Word), untuk mengolah angka ( Microsoft Excel),
Untuk Program Presentasi ( Microsoft Power Point) dll. Dilihat dari bidang
pekerjaan yang ditangani, program paket dapat dibedakan menjadi:
·
Aplikasi
perkantoran, misalnya : Microsoft Office dan StarOffice
·
Aplikasi
database, misalnya : oracle dan SQL Server
·
Aplikasi
grafik, misalnya Adobe Photoshop dan Corel Draw
2.2 Aplikasi Multimedia
Program Multimedia mencakup
program-program yang memainkan musik atau lagu, memutar film atau video, untuk
menangkap siaran radio atau televisi dan program lainnya. contoh Program
multimedia yaitu :
·
Winamp,
umumnya digunakan untuk memainkan lagu mp3
·
JetAudio
dapat memainkan berbagai format lagu serta video
·
RealPlayer,
dapat menangkap siaran radio dan TV dari Internet
2.3 Aplikasi Web Browser (Internet)
Web Browser (internet) adalah software yang
berfungsi untuk menampilkan dan berinteraksi dengan dokumen-dokumen yang
disediakan oleh server web. Web adalah kumpulan jaringan berisi dokumen teks
dan multi media yang tersambung satu dengan yg lainya atau yang dikenal dengan
World Wide Web (WWW)
Oleh mozilla corporation, firefox
adalah salah satu web browser open source yang dibangun dengan Gecko layout
engine. Tak hanya handal firefox juga didukung oleh sejumlah Add-ons yang dapat
diinstall terpisah yang memungkinkan pengguna melakukan sesuai dengan kegunaan
Add-ons tersebut. Firefox merupakan salah satu Browser yang terpopuler saat ini
Selain IE. Bahkan menurut “Net Application” yang melakukan survey tentang
penggunaan browser menempatkan Firefox di 24,61% dari penggunan web
browser yang tercatat per Desember 2009. Rilis stabil saat ini adalah versi
3.5.7, yang dirilis pada Januari 05,2010
Internet
Explorer pertama kali dirilis sebagai bagian dari add-on paket Plus! for
Windows 95 in 1995. untuk Windows 95 pada tahun 1995 yang dikembangkan oleh
Microsof. Rilis terbaru adalah Internet Explorer 8. menurut “Net
Application” yang melakukan survey tentang penggunaan browser menempatkan
Internet Explorer sebagai urutan pertama penggunaan browser yaitu 63,69% yang
tercatat per Desember 2009
Safari adalah browser web yang
dikembangkan oleh Apple. Pertama kali dirilis sebagai beta pada 7 Januari 2003.
Bulan Desember 2009, Safari memiliki 4,46% pangsa pasar menurut Net
Applications. Saat ini rilis terakhir untuk safari adalah safari 4 untuk mac
dan PC.
Opera
adalah Browser Web dan Internet Suite yang dikembangkan oleh Opera Software
Company. Jika firefox punya Add-ons, Opera punya “Opera Widgets”, sebuah
aplikasi web kecil yang dijalankan bersamaan dengan Opera yang mempunyai
kegunaan tertentu, layaknya Add-ons firefox. Opera versi terbaru
memperkenalkan platform teknologi baru yaitu Opera Unite, memungkinkan Anda
untuk melakukan streaming musik atau berbagi file, foto, dan banyak lagi hal
lainnya langsung dari browser. Saat ini rilis terakhir adalah 10.10 untuk
windows.
Google
Chrome adalah sebuah browser web yang dikembangkan oleh Google yang menggunakan
WebKit layout engine and application framework. Pertama kali dirilis sebagai
versi beta untuk Microsoft Windows pada 2 September 2008, dan publik adalah
rilis stabil pada 11 Desember 2008
ü
Search
Engine
ü
Yahoo
search
ü
Google
ü
MSN
ü
Altavista
ü
Bing
Sumber :
·
https://tikom2sobang.wordpress.com/topik/kelas-vii/sejarah-perkembangan-teknologi-informasi an
komunikasi
·
https://pakteo.wordpress.com/2011/04/11/teknologi-informasi/
h http://www.academia.edu/8062820/SEJARAH_TEKNOLOGI_INFORMASI_DAN_KOMUNIKASI
·
http://komputerflas.blogspot.co.id/2014/05/sejarah-perkembangan-komputer.html
·
http://masterz-seo.blogspot.com/2013/12/sejarah-perkembangan-komputer-lengkap.html
·
http://www.tandapagar.com/sejarah-perkembangan-komputer/
·
http://www.materidosen.com/2016/12/pengertian-fungsi-dan-contoh-perangkat.html
·
http://infokomputerrakitan.blogspot.co.id/2015/06/pengertian-perangkat-lunak-software.html
·
http://www.perangkatkeras.net/perangkat-keras-komputer-dan-fungsinya/
·
https://id.wikipedia.org/wiki/Perangkat_keras
Tidak ada komentar:
Posting Komentar